Monday, July 26, 2010

Before i'm Dead


Sekilas judulnya sedikit creapy and mirip judul lagu rock untuk soundtrack Queen of the Dammed, But not that what i want to talk about..
Orang bilang nilai sosial dari seseorang dilihat dari banyaknya orang/kawan/kerabat yang datang untuk mendoakan saat hajatan baik pernikahan maupun yang lain dan yang menangis saat ia meninggal dan mendoakan dengan tulus ikhlas. Lets talk about the second, when you dead. Dapat dibayangkan ketika datang azal menjemput tapi tak ada satupun orang yang jangankan menangisi dan mendoakan tapi datang bertazkiah pun tidak. Sungguh miris membayangkannya.
pertanyaannya kenapa hal ini bisa terjadi, ada beberapa kemungkinan dalam pikiran saya yang menjadi alasan, apakah tidak memiliki kenalan?. Hal ini mungkin terjadi, tetapi dijaman telekomunikasi modern seperti sekarang hal ini kecil sekali kemungkinannya. Lalu apa yang mungkin menjadi penyebab utama..
Amalan
Kata itulah yang terbersit dalam pikiran ketika membuat tulisan ini. Dalam doa selalu disinggung "Semoga amal ibadahnya diterima disisi-Nya". Ibadah menjadi urusan yang bersangkutan dengan Yang Menciptakan sedang amal selain hubungan vertikal juga hubungan horizontal dengan sesama makhluk.
Bagaimana amalan selama hidup dapat terlihat pada dua event memorial diatas. Bisa saja yang datang banyak, tapi ada berapa yang benar-benar datang dengan niat tulus untuk mendoakan dan bukan karena menghormati orang lain dalam keluarga.
Why i wrote this..?
Kemarin saya diundang untuk mengenang 40 hari meninggalnya kawan, yang mengundang adalah pacarnya semasa hidup. Semua sudah dipersiapkan mulai dari buku Yasin dengan foto almarhum didalamnya dan konsumsi tidak lupa. Hal ini membuatku berfikir, adakah orang selain keluarga yang akan melakukan hal ini pada diriku nanti.. Is she will do this if the time do come before our time to come. Apakah amal perbuatan yang dilakukan selama ini sudah membuat nilai sosial saya cukup dihargai. Ada berapa orang yang benar dengan tulus ikhlas menangis dan mendoakan saat meninggal. Yang terpenting apakah amal ibadah saya diterima disisi Yang Maha Esa..
Untuk direnungkan



Mengenang 40 hari meninggalnya kawan kami Ranto Sony Pasaribu

No comments: